Thursday, August 11, 2016

Kabupaten Tulungagung

Hi teman-teman, saya disini akan menceritakan sedikit tentang kota asal saya tercinta. Sebelum itu, temen-temen ada yang tau kota Tulungagung? Jujur yah ketika saya mudik ke Tasikmalaya, keluarga saya sendiri jarang ada yang tahu kota Tulungagung, mereka hanya tahu kota-kota sekitarnya saja seperti Kediri, Madiun, Ponorogo, dll. Sedangkan Tulungagung tidak ada yang tahu, itu sangat menyakitkan. Dengan ketidak tahuan mereka membuat saya berfikir bahwa selama ini saya tinggal di kota hilang. Nah, dengan semangat yang membara, saya akan dengan senang hati berbagi kepada teman-teman. So check it out…

Tulungagung adalah salah suatu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang berada di selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Dengan letak geografis yang demikian membuat Tulungagung memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang akhir-akhir ini mendapat banyak sorotan. Seperti beberapa waktu lalu salah satu pantai di Tulungagung, pantai Kedung Tumpang disorot oleh acara traveling di salah satu stasiun tv swasta. Pantai berpasir putih dengan laguna karang tersebut sudah terlebih dahulu ramai dibicarakan di sosial media dan menjadi objek wisata hits anak-anak muda Tulungagung. Selain wisata pantai, Tulungagung juga masih memiliki destinasi wisata lain. Bagi para pendaki pemula bisa memuaskan hasrat mereka di Gunung Budhek yang terletak di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu. Terdapat juga objek wisata goa seperti Goa Selomangleng dan Goa Pasir. Tidak hanya itu, di Tulungagung juga terdapat wisata air terjun yang cukup popular. Air Terjun Pandanwangi dan Air Terjun Lawean. Objek wisata lainnya yaitu beberapa candi, yang paling popular adalah candi Dadi yang merupakan salah satu objek wisata budaya. Untuk para photographer, objek wisata Bukit Cemenung bisa menjadi pilihan untuk hunting photo di Tulungagung.
Selain Objek wisata yang sangat banyak dan berfariasi, Tulungagung juga memiliki tarian daerah yang khas. Jika Ponorogo memiliki Reog Ponorogo, maka Tulungagung memiliki reog kendang yang tidak kalah populer. Di Tulungagung juga terdapat kebudayaan yang cukup unik, yaitu manten kucing yang biasanya diadakan saat musim kemarau untuk meminta diturunkan hujan. Manten kucing telah menjadi ikonik kebudayaan Tulungagung.
Di bidang Industri sendiri Tulungagung terkenal dengan penghasil marmer kelas wahid. Lokasi Industri tersebut berada di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung.marble-1
Untuk makan khas, Tulungagung memiliki Lodho Ayam dan krupuk rambak (kulit) , di samping itu, Tulungagung juga terkenal dengan hasil kebunnya yaitu belimbing yang telah menjadi komoditi ekspor unggulan.
Nah, teman-teman demikian info yang dapat saya sampaikan, semoga dengan artikel ini lebih banyak orang yang mengetahui potensi Kota Tulungagung dan menjadikan kota ini tujuan berlibur yang patut diperhitungkan. Salam kangen dari wong Tulungagung.

2 comments:

  1. MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Cara Bermain Sabung Ayam Online Biar Menang

    Daftar Jadi Agen Sbobet

    www.bakarayam.me

    Situs Poker Online Uang Asli

    ReplyDelete
  2. Bagaimana keindahan dan potensi wisata di Kabupaten Tulungagung, serta apakah teman-teman pernah mendengar tentang kebudayaan reog kendang dan manten kucing?
    Visit us Telkom University

    ReplyDelete