Thursday, August 11, 2016

Tentang Jurusan Saya

Teknik Industri

Teknik industri adalah suatu bidang keilmuan yang mencakup pengembangan, perbaikan, implementasi dan menerapkan sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, pengetahuan, material, peralatan, energi, dan proses.
Dimana tidak hanya mempelajari fisika dan matematika sebagai dasar keilmuan, tetapi juga mempelajari bidang sosial dan manajemen. 

Teknik industri lahir pada akhir abad ke-19 di Amerika. Revolusi industri sangat mempengaruhi perkembengan teknik industri dan melahirkan banyak gagasan dari para ilmuan, salah satunya Frederick Winslow Taylor yang sering disebut sebagai Bapak Teknik Industri. Di Indonesia, sejarah teknik industri diawali dari kampus Institut Teknologi Bandung pada tanggal 1 Januari 1971, dan kemudian mulai berdiri di kampus – kampus lain. Seperti halnya di Universitas Muhammdiyah Malang, teknik industri berdiri tahun 1995.
Teknik industri memiliki prospek yang luas, dikarenakan teknik industri mempelajari semua bidang teknik, sehingga lulusan teknik industri bisa saja memikirkan semua proses yang dipelajari jurusan teknik lainnya untuk mencari cara yang lebih efektif dan efisien. Lulusan teknik industry dapat bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi pemeliharaan, divisi pengendalian mutu, menjadi konsultan atau wirausahawan, dst.

No comments:

Post a Comment